Valve Hentikan Dukungan CS:GO per 1 Januari 2024, Sudah ‘Move On’ ke CS2

Jakarta – Per tanggal 1 Januari 2024, Valve secara resmi menghentikan dukungan buat gim Counter-Strike: Global Offensive alias CS:GO.

Dengan berhentinya dukungan buat CS:GO, Valve pun bakal fokus ke penerusnya yaitu Counter-Strike 2 atau CS2, yang baru diluncurkan tahun 2023 lalu.

“Seiring kemajuan teknologi, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan dukungan untuk perangkat keras lama, termasuk DirectX 9 dan sistem operasi 32-bit,” tulis Valve.

Dalam pengumumannya, dikutip Minggu (7/1/2024), dukungan juga disetop di macOS, di mana menurut perusahaan, jumlah pengguna perangkat ini mewakili kurang dari satu persen pemain aktif CS:GO. Counter-Strike 2 pun akan secara eksklusif mendukung Windows dan Linux 64-bit.

Dengan dihentikannya dukungan ini, mengutip Sportskeeda, CS:GO pun tidak akan lagi menerima update atau patch dari server resmi dari Valve, dan akan tetap berada dalam versi final di usia senjanya.

Pemain mungkin masih akan bisa mengakses CS:GO setelah dukungan dihentikan. Namun, gim ini tidak akan punya matchmaking resmi.

Beberapa fitur CS:GO juga akan tidak bisa berfungsi dengan baik karena tidak cocok dengan game client. Jadi, pemain kemungkinan hanya akan bisa bermain melawan bot atau offline.

Versi akhir CS:GO bisa diakses lewat akun Steam, dengan membuka properties di Counter-Strike 2, buka tab Betas, dan aktifkan versi lawas tersebut jika ingin bernostalgia.

CS:GO rilis di tahun 2012, sebagai kelanjutan dari waralaba gim first-person shooter populer, Counter-Strike atau CS. Game ini pun juga populer sebagai permainan esports.

CS2 Gantikan CS:GO

Sementara itu, CS2 diluncurkan pada bulan September 2023 lalu, dan secara otomatis menggantikan CS:GO.

Pemain tetap bisa mengunduh dan memainkan Counter-Strike 2 secara gratis melalui Steam, meski juga akan tetap bisa membeli sejumlah konten berbayar.

“Counter-Strike 2 adalah lompatan teknis terbesar dalam sejarah Counter-Strike, mendukung fitur-fitur baru saat ini dan pembaruan untuk tahun-tahun mendatang,” tulis Valve.

Menurut Valve, buat para pemain lama Counter-Strike, sejumlah fitur seperti map dan mode matchmaking favoritnya akan diboyong ke CS2.

Namun yang baru, akan ada mode Premier yang diperbarui, di mana pemain bisa membangun lagi CS Rating yang juga baru. Gamer juga bakal dapat menemukan papan peringkat global dan regional di sini.

Sederet Peningkatan di CS2

Sementara buat pemain baru, Valve menghadirkan berbagai mode dasar seperti latihan offline hingga mode Casual dan Deathmatch yang bisa dimainkan untuk mengasah permainan.

Apabila pemain sudah membuka mode Competitive, dia pun akan bisa ikut pertandingan yang lebih besar. Selainti itu, untuk pemain yang sudah punya banyak item di CS:GO juga tidak perlu khawatir. Valve menjanjikan akan memindahkan mereka semua ke CS2.

Klik Disini : Angkaraja

Mengutip deskripsi, CS2 digarap dengan engine Source 2. Game ini dimodernisasi dengan rendering berbasis fisik yang realistis, jaringan canggih, dan alat Workshop Komunitas yang ter-upgrade.

CS2 juga akan membawa gameplay klasik ala Counter-Strike asli di 1999, namun dengan sejumlah fitur dan visual yang lebih baru.

Fitur lainnya seperti map yang diperbarui dan dirombak, granat asap dinamis yang mengubah alur taktis, gameplay, gameplay dengan tick-rate mandiri, dan efek visual dan audio yang didesain ulang.

Spesifikasi PC Buat CS2

Berikut ini spesifikasi PC yang dibutuhkan apabila kamu ingin memainkan Counter-Strike 2 atau CS2, seperti dikutip dari Steam:

1.Spesifikasi PC CS2 Windows
– OS: Windows 10
– Prosesor: 4 hardware CPU threads – Intel Core i5 750 atau lebih tinggi
– Memori: 8 GB RAM
– Grafis: GPU harus berukuran 1 GB atau lebih dan harus kompatibel dengan DirectX 11 dengan dukungan untuk Model Shader 5.0
– DirectX: Versi 11
– Penyimpanan: 85 GB ruang tersedia

2.Spesifikasi PC CS2 SteamOS + Linux
– OS: Ubuntu 20.04
– Prosesor: 4 hardware CPU threads – Intel Core i5 750 atau lebih tinggi
– Memori: 8 GB RAM
– Grafis: AMD GCN+ atau NVIDIA Kepler+dengan driver Vulkan terbaru. Dukungan untuk VK_EXT_GraphicS_PIPELINE_library sangat dianjurkan.
– Penyimpanan: 85 GB ruang tersedia
– Kartu suara: Sangat direkomendasikan

Proudly powered by WordPress | Theme: Looks Blog by Crimson Themes.