Sony Pamer Setir Mobil Listrik Pakai Stik PS5 DualSense di CES 2024

Jakarta – Sony bersama Honda diketahui telah bekerja sama dalam mengembangkan kendaraan listrik bernama Afeela sejak beberapa tahun terakhir. Kendati demikian, kepastian apakah mobil ini akan diproduksi ke pasar luas memang belum diketahui.

Meski masih belum diumumkan secara detail, dalam event CES 2024, Sony kembali mengungkap soal mobil listriknya. Namun yang membedakan, perusahaan asal Jepang itu menampikannya dengan cara yang unik.

Mengutip informasi dari Engadget, Minggu (14/1/2024), Sony membawa mobil Afeela ke panggung event tersebut dengan dioperasikan melalui stik PS5 atau yang dikenal dengan nama DualSense. Aksi itu dilakukan oleh COO Sony Honda Mobility Izumi Kawanishi.

Aksi itu jelas menarik perhatian publik yang menyaksikannya. Namun Izumi menuturkan, aksi mengendalikan mobil dengan DualSense PS5 tersebut hanya merupakan demo teknologi, dan bukan merupakan fitur yang nantinya bisa diakses oleh pengguna.

“Kontrol jarak jauh ini hanya dilakukan untuk keperluan showcase teknologi,” tutur Izumi. Selain menampilkan demo tersebut, Sony juga mengungkap sejumlah informasi terkini mengenai pengembangan Afeela.

KLIK DISINI Epictoto

Salah satunya adalah soal penggunaan Unreal Engine 5.3 untuk kebutuhan grafis 3D dan visual di mobil tersebut. Sony menjelaskan, penumpang nantinya dapat mengakses peta 3D, virtual space, dan augmented reality memanfaatkan metadata yang bersumber dari internet.

Tidak hanya itu, Unreal Engine juga dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah lingkungan simulasi yang dipakai melatih sistem multi-camera driver assistance dari Afeela. Dengan grafis yang sangat realistis, proses pelatihan sistem neural network dan visual model pun menjadi lebih presisi.

Mobil listrik ini juga didesain dengan fitur keamanan yang disediakan oleh Qualcomm. Dijelaskan pula, mobile ini akan memanfatkan teknologi AI dan infrastruktur komputasi dari Microsoft Azure.

Sebagai tambahan, Sony juga bekerja sama dengan Polyphony Digital untuk menghadirkan pengalaman gaming dalam pengembangan mobil ini. Hanya untuk saat ini, informasi mengenai kehadiran mobil listrik Afeela belum diungkap.

Sony Honda Mobility Dikabarkan Gandeng Epic Games Hadirkan Gim PS5 di Mobil Listrik Afeela

Sebelumnya, Sony dan Honda memang dikabarkan akan menanamkan konsol Playstation 5 (PS5) di dalam mobil listrik Afeela.

Bahkan Untuk mewujudkan inovasi ini, SHM telah menjalin kerja sama dengan salah satu produsen video game (gim) terbesar di dunia, Epic Games. Produk mobil listrik baru ini digadang-gadang akan menjadi kompetitor kuat untuk Tesla.

“Kami bertujuan mengevolusi mobil sebagai perangkat keras yang dapat menyediakan ruang hiburan dengan mengintegrasikan dunia nyata dan virtual,” ujar Yasuhide Mizuno selaku CEO Sony Honda Mobility Inc.

Dalam presentasinya di CES tahun lalu, SHM telah memamerkan layar digital di kursi belakang yang sedang memutar game Horizon Forbidden West.

Namun, tidak seperti konsol pada umumnya, pemutaran game tidak dapat dilakukan dengan memasukkan disk PS5 ke dalam mobil.

“Sony Honda Mobility Inc. bertekad untuk menjadi Mobility Tech Company yang akan mengejar inovasi dalam mobilitas dengan menggabungkan teknologi mutakhir dan semangat bersama dengan orang-orang yang mempelopori masa depan dengan kreativitas,” ucap Yasuhide.

Afeela Akan Menggunakan Sistem Cloud Streaming

Afeela akan menggunakan sistem cloud streaming sehingga penumpang hanya dapat mengakses game PS5 saat memiliki sinyal atau koneksi internet yang memadai.

Selain itu, sistem ini juga memungkinakan penumpang menonton film atau memutar TV.

Untuk saat ini masih belum ada informasi lanjut soal harga dari mobil listrik canggih ini.

Namun, menurut kabar yang beredar, EV pertama hasil kolaborasi Sony dan Honda tersebut akan siap untuk pre-order di AS pada awal tahun 2025 dan baru dapat dikirimkan pada musim semi 2026.

Terkuak, Afeela Jadi Merek Baru Mobil Hasil Kolaborasi Honda dan Sony

Awal 2023, Honda dan Sony telah mengumumkan mobil yang dikembangkan bersama, dan akan dijual dengan merek Afeela.

Selain mengumumkan nama terbaru, perusahaan juga memperkenalkan prototipe mobil yang dirancang untuk melihat model produksi yang akan datang.

Disitat dari Carscoops, Jumat (5/1/2023), preorder untuk mobil baru ini dijadwalkan akan dimulai pada paruh pertama 2025, dengan penjualan dimulai pada tahun yang sama.

Perusahaan tidak menjelaskan secara spesifik, tetapi mengatakan nama Afeela dipilih karena mengungkapkan rasa yang menjadi pusat pengalaman mobilitas yang dipertimbangkan oleh Sony Honda Mobility.

Mengesampingkan nama yang dipertanyakan, mobil ini menampilkan desain yang ramping dan terlilhat jauh lebih siap diproduksi dibanding konsep Vision-S yang diluncurkan di CES tiga tahun lalu.

Proudly powered by WordPress | Theme: Looks Blog by Crimson Themes.