Sony Bakal Pakai APU AMD untuk PlayStation 6?

Jakarta – Konsol game Sony, PlayStation 6 alias PS6 sudah disebut-sebut meski peluncurannya diyakini masih butuh waktu bertahun-tahun lagi.

Sony pun belum memberikan penjelasan apa-apa tentang konsol generasi penerus PS5 ini. Namun, di internet sudah ada bocoran tentang spesifikasi konsol ini.

Mengutip Android Headlines, Rabu (12/3/2024), kabarnya, Sony akan menggunakan AMD untuk APU-nya.

APU sendiri merupakan Accelerated Processing Unit, yakni serangkaian mikroprosesor 64-bit dari AMD yang menggabungkan unit pemrosesan pusat (CPU) yang berorientasi umum dan unit pemrosesan grafis terintegrasi 3D dalam satu die.

APU AMD terutama seri Ryzen disebut-sebut mampu menawarkan kinerja pemrosesan imersif dan kapabilitas grafis yang baik sehingga perangkat yang dibekali dengan APU AMD diklaim mampu menjalankan berbagai jenis game.

Nah, rumor baru menyebutkan, Sony akan menggunakan APU AMD tersebut di konsol gamenya yang akan datang yakni PlayStation 6. Ini bukan pertama kalinya Sony memakai APU AMD, sebelumnya pada PS5, Sony juga membenamkan AMD.

Kabarnya, saat merangcang PS5, Sony telah berbicara dengan beberapa pemasok chip tertentu, termasuk Nvidia.

Sony Kepincut AMD, Tak Pertimbangkan Merek Chip Lain

Namun belakangan perusahaan memutuskan untuk memakai AMD dan bekerja sama dengan tim AMD untuk memproduksi APU khusus untuk PlayStation 5, berdasarkan arsitektur RDNA 2 AMD.

Rumor yang beredar juga menyebut, Sony telah memutuskan untuk tetap memakai AMD untuk konsol mereka generasi berikutnya. Bahkan, Sony disebut hanya mempertimbangkan penggunaan AMD, bukan chipset dari vendor lainnya.

Jika rumor tersebut benar adanya, Sony tampaknya cukup puas dengan kinerja APU AMD pada konsol PS5 mereka, sampai-sampai tidak mempertimbangkan merek lain.

PlayStation 6 Tengah Dalam Pengembangan?

Tidak hanya rumor soal penggunaan chipset AMD, kabarnya PlayStation 6 juga tengah dalam tahap pengembangan.

Selengkapnya Di Angkaraja

Sony dikabarkan sudah berbincang dengan studio tentang konsol tersebut. Alasannya, Sony mengumpulkan masukan dari studio untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dan harapkan dari konsol game yang terbaru.

PS6 Bakal Rilis 2028?

Adapun timeline perkiraan perilisan Sony PlayStation 6 adalah pada 2028 mendatang.

Sebelumnya, PS4 dirilis pertengahan 2013. Sementara PS5 dirilis akhir November 2020, menjadikannya punya jeda waktu sekitar 7 tahun dari perilisan versi konsol sebelumnya.

Tentunya, Sony belum mengonfirmasi tentang waktu perilisan konsol PS6 yang disebut-sebut pada 2028. Apalagi segala sesuatu bisa saja berubah. Namun jika kabar tersebut akurat, maka akan menempatkan siklus rilis antara PlayStation 5 dan PlayStation 6 dengan jeda waktu 8 tahun.

Proudly powered by WordPress | Theme: Looks Blog by Crimson Themes.