Catat! PSVR 2 Akhirnya Bisa Digunakan di Platform PC Akhir Tahun Ini

Jakarta – Playstation VR 2 akhinya dapat digunakan di PC pada akhir tahun ini. Ketika Sony merilis headset PlayStation VR 2 tahun lalu, headset tersebut dirancang untuk dipakai hanya di PlayStation 5.

Tapi pada akhir tahun ini, headset VR buatan perusahaan asal Jepang tersebut akhirnya dapat digunakan di PC.

Dalam postingan blog.playstation.com yang dikutip via CNET, Sabtu (25/2/2024), raksasa game tersebut mengatakan mereka “sedang menguji” kemampuan pemain PSVR 2 agar dapat mengakses game di PC.

Langkah Sony untuk memperluas akses ke PSVR 2 terjadi hanya beberapa hari setelah perusahaan memberi tahu investor, Playstation 5 kini berusia 4 tahun memasuki “tahap akhir dari siklus hidupnya”.

Pernyataan tersebut menandakan, fokus perusahaan mungkin lebih mengarah pada teknologi masa depan dibandingkan mengembangkan perangkat sudah ada.

Headset VR dan perangkat mixed-reality saat ini semakin populer, dengan Apple baru-baru ini meluncurkan Vision Pro menyusul kesuksesan headset Meta Quest.

Juru bicara Sony tidak menanggapi mengenai komentar apakah PSVR 2 akan berfungsi dengan platform VR saingannya, seperti Steam Store dari Valve atau Meta Quest 3.

Blog tersebut juga mengumumkan judul-judul baru di PSVR 2, termasuk gim time traveling shooter Wanderer: The Fragments of Fate, yang akan hadir pada 27 Juni untuk konsol Sony serta Steam store dan headset Meta Quest.

Bukan Hanya Sony yang ingin Mengembangkan Bisnis diluar Konsol Gim

Sony bukan satu-satunya perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis gamenya di luar perangkat konsol gim.

Selama seminggu terakhir, Microsoft telah mengumumkan rencana untuk mulai menjual beberapa gamenya, seperti Rare’s Sea of ​​​​Thievesdan dan gim Hi-Fi Rush, ke platform gim saingannya, termasuk PS5.

Selengkapnya Di Angkaraja 

Sony juga telah mulai merilis beberapa game terpopulernya di PC, termasuk versi remake dari gim survival horror The Last of Us Part 1, dan gim aksi tahun 2018, Marvel’s Spider-Man.

Sony akan Menggunakan APU AMD untuk PlayStation 6

Sementara itu, Sony dikabarkan akan menggunakan APU AMD untuk Playstation 6 mendatang.

Sony belum memberikan kejelasan apapun untuk konsol penerus PlayStation 5. Namun bocoran mengenai konsol terbaru Sony sudah beredar luas.

Mengutip Android Headlines, Rabu (12/3/2024) Sony mempercayai AMD untuk menyuplai APU Ryzen untuk konsol gim yang akan datang, yaitu PlayStation 6.

APU Ryzen dari AMD disebut-sebut mampu menawarkan kinerja pemrosesan imersif dan kemampuan grafis yang mumpuni sehingga perangkat yang dibekali dengan APU Ryzen diklaim mampu menjalankan berbagai jenis game.

Ini bukan pertama kalinya Sony mempercayai APU AMD dalam pengembangan PlayStation.

Sejak tahun 2013, Sony menggunakan APU AMD untuk ditanamkan di PlayStation 4. Di tahun 2020, Sony juga mempercayai AMD untuk menyuplai chip APU AMD di konsol Playstation 5.

Dan nampaknya Sony cukup puas dengan performa APU AMD di gim konsolnya. Bahkan, Sony disebut hanya mempertimbangkan chip AMD, bukan chipset dari merek lain.

PlayStation 6 akan Dirilis di 2028 Mendatang

Selain kabar penggunaan chip AMD, dikabarkan bahwa PlayStation 6 sudah dalam tahap pengembangan.

Sony dikabarkan sudah berbincang dengan studio gim tentang konsol next-gen tersebut. Sony ingin mengumpulkan masukan dari berbagai studio gim untuk mengetahui apa yang diinginkan dan diharapan dari konsol gim yang sedang dikembangkan.

Perilisan PlayStation 6 menurut timeline perkiraan akan diluncurkan pada 2028 mendatang.

Sebelumnya PlayStation 5 rilis pada November 2020, 7 tahun setelah perilisan PlayStation 4 di pertengahan 2013. Ini menunjukkan PlayStation memiliki jeda waktu 7 tahun untuk perilisan konsol gim.

Tentunya, Sony belum mengonfirmasi apapun mengenai waktu perilisan konsol PS6. Apalagi segala sesuatu bisa saja berubah. Namun jika kabar tersebut akurat, maka akan menempatkan siklus rilis antara PlayStation 5 dan PlayStation 6 dengan jeda waktu 8 tahun.

Proudly powered by WordPress | Theme: Looks Blog by Crimson Themes.